UJIAN AKHIR SEMESTER SEJARAH AFRIKA

Standar

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
TAHUN AJARAN 2011/2012

Mata Kuliah : Sejarah Afrika
Program Studi : Pendidikan Sejarah
Semester : IV
Hari/ Tanggal :
Dosen : Arif Permana Putra, S.

SOAL !

1. Bagaimanakah usaha Leopold II sebagai Raja Belgia dalam perluasan wilayah di Kongo ?
 Ada pun untuk tokoh yang ke 2 adalah Raja Belgia saat ituYaitu Leopold II. Dalam halini Leopold II berperan mendanai Penelitian yang dilakukan oleh Staenly di Afrika. Raja Leopold II punya sebuah pemikiran bahwa Belgia sebagai Negara industry suatu saat pasti akan mengalami kelebihan Hasil Industri, untu kitu perlu dicari adanya daerah pemasaran baru. Setalah bekerja sama dengan Staenly akhirnya ditemukanlah Congo dan mulai 1908 Congo resmi jadi jajahan Belgia. Sebagai jajahan Belgia tentunya Pendidikan di Congo juga memperihatinkan karena baru pada tahun 1954 berdiri sebuah Universitas di Congo. Itu pun dengan syarat tidak boleh mengadakan pendidikan hukum. Tentunya hal ini sangat memperihatinkan . Dengan keadaan yang seperti ini membuat Nasionalisme rakyat Congo Meningkat. Mereka menuntut agar Congo diberi kemerdekaan penuh. Perjuangan banyak dilakukan melalui meja perundingan.

2. Jelaskan latar belakang ekspansi wilayah kekuasaan Italia ke Benua Afrika !
 Latar belakang Itali menguasai Afrika adalah karena keinginan negara Italia untuk menjadi negara imperialisme karena negara Itali sendiri sedang menghadapi kepadatan penduduk bagi Negerinya, maka langkah yang di ambilnya adalah politik imigrasi ke negara-negara lain dengan tujuan untuk pengembangan Politik dan ekonomi bagi negara itali sendiri.
 Penjajahan Italia ke negara Afrika merupakan modal bagi Itali dalam merebut kekuasaannya karena negara Italia di samping mencari negara sekutunya, juga Italia berhasil menguasai seluruh wilayah kekuasaan Inggris dan Perancis di Afrika.
 Walaupun kekuasaan Italia di Afrika berjalan sesai dengan kesepakan antar negara tetapi hal yang diperoleh Italia tidak sepenuhnya di dapat karena adanya penguasaan negara-negara lain seperti Perancis dan Inggris

3. Bagaimanakah pelaksanaan politik direct rule Perancis di daerah Arika Perancis dan apakah tujuannya ?
 Berbeda dengan perinsip yang digunakan oleh Inggris yang menggunakan indrirecut rule, Untuk memerintah tanah jajahanya Afrika. Sebelum perang dunia I, politik colonial Perancis yang dijalankan ditanahj ajahannya didasarkan pada suatu doktrin asimilasi (1789), dengan gagasannya equality dan fraternity. Tujuan politik tersebut adalah mengintegrasikan tanah jajahan dengan Perancis, mengasimilasikan penduduk koloni dalam kerangka Perancis baik dalam bidang politik, social, ekonomi, etis, religious, maupun cultural, Penerapan system direct rule/system pemerintahan langsung dengan kelebihannya memungkinkan untuk Negara tersebut lepas dari Negara induk tetap terpantau, sedangkan kelemahannya yakni bertentangan dengan konkret lapangan, dimana kebijakan tersebut hanya sesuai dengan pemikiran orang-orang Perancis.

4. Jelaskan karakteristik dari pelaksanaan kolonialisme/imperialism Inggris di Afrika !
 Kekuasaan Inggris di Afrika Barat terdapat di Gambia, Sierra Leone, Gold Coast dan Nigeria. Gambia adalah daerah kekuasaan Inggris di Afrika Barat yang paling tua tetapi paling akhir memperoleh kemerdekaan. Gambia terdiri atas daerah coastal colony yang diperintah langsung oleh British Colonial Office dan inland protectorate diperintah melalui kepala-kepala suku bumi putera. Daerah ini memiliki kota-kota penting seperti Eathurstdan Georgetown. Dearah lainnya merupakan daerah protektorat.

5. Bagaimanakah perjuangan kulit hitam dalam menentang politik minoritas kulit putih Afrika Selatan ?
 Kulit hitam yang semula tidak mengerti bahwa kebijakan pemerintahannya, lambat laun mengerti bahwa tujuansebenarnya adalah diskriminasi rasial (perbedaan warna kulit). Oleh Karen itu mereka bangkit mengadakan perlawanan, tetapi pemerintaha Pieter Botha dengan kejam menumpas setiap perlawanan yang terjadi. Selain perlawanan bersenjata, usaha-usaha mengakhiri Politik Apartheid juga dilakukan melalui perjuangan politik.

6. Jelaskan bentuk kerjasama antar negara di Afrika dalam rangka membangun kehidupan berbangsa serta Hubungan Afrika – Indonesia ?
 Kerjasama Bidang Ekonomi : Kerja sama ekonomi internasional mempunyai cakupan yang lebih luas daripada perdagangan internasional. Dengan demikian kerja sama ekonomi internasional adalah hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu, dengan memegang prinsip keadilan dan saling menguntungkan.
 Berdasarkan pengertian kerja sama, maka setiap negara yang mengadakan kerja sama dengan negara lain pasti mempunyai tujuan. Berikut ini tujuan kerja sama antarnegara.
1) Mengisi kekurangan di bidang ekonomi bagi masing-masing negara yang mengadakan kerja sama.
2) Meningkatkan perekonomian negara-negara yang mengadakan kerja sama di berbagai bidang.
3) Meningkatkan taraf hidup manusia, kesejahteraan, dan kemakmuran dunia.
4) Memperluas hubungan dan mempererat persahabatan.
5) Meningkatkan devisa negara.
 Hubungan Afrika – Indonesia : Setelah banyak bangsa-bangsa di Afrika dan Asia merdeka maka perbudakan lambat laun semakin dikikis. Peran Konferensi Asia Afrika di Bandung yang di prakarsai oleh Presiden Sukarno menjadi salah satu pencetus munculnya kemerdekaan-kemerdekaan tersebut, juga ikut mendorong penghapusan budak ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s